Selasa, 26 April 2011

Mari merawat batik

Sebenernya cara ngerawat batik dengan benar itu seperti apa ya? Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui dengan jelas. Ya, paling-paling dicuci dengan sabun cuci biasa, dikucek, bilas, lalu diperas dan dijemur. Hmmm, kira-kira udah bener atau blom ya cara diatas? Yuk cari tahu tipsnya merawat batik yang satu ini:

1. Sebaiknya kain batik dicuci dengan sari lerak yang tidak mengandung soda agar warna batik lebih awet dan cerah.
 
2. Kain batik dibasahi dulu lalu dituangkan sari lerak secukupnya yang sudah dicampur air, rendam sebentar kemudian dibilas. Baliklah kain batik agar bagian dalamnya berada diluar.
 
3. Setelah dicuci, kain batik dijemur di tempat yang teduh, agar kering terkena hembusan angin.
 
4. Kain batik jangan dijemur langsung dibawah sinar matahari karena dapat merusak warna batik.
 
5. Jemur kain batik dengan rapi agar bila kering tidak perlu disetrika.
 
6. Simpan dengan baik didalam lemari dan diberi sedikit ratus wangi untuk menghilangkan rengat dan akan menjadikan batik lebih harum serta segar.

Tips ini aku dapetin pas jalan-jalan mengunjungi Pameran INACRAFT 2011 di JCC 20-24 April kemarin dari sebuah kartu nama butik batik. Nama butik tersebut Brilliant Finest Craft. Bukan promo lho ya, karena aku sendiri setuju dengan bentuk kartu nama butik ini. Mereka ga sekedar promo produk dan memberi alamat, tapi juga memberikan tips yang berguna seputar produknya. Good job banget :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...